Apa itu Tes fungsional? Berikut Penjelasanya

Apa itu Tes fungsional? Berikut Penjelasanya

Logitekno.com – Apa itu Tes fungsional

Pengetesan fungsional merupakan tipe pengetesan yang berupaya buat memastikan apakah tiap fitur aplikasi bekerja cocok dengan persyaratan fitur lunak. Tiap profesi dibanding dengan persyaratan yang cocok buat membenarkan apakah outputnya cocok dengan impian konsumen akhir. Pengetesan dicoba dengan membagikan input ilustrasi, membekuk output yang diperoleh, serta memandu kalau output yang sesungguhnya serupa dengan output yang diharapkan.

Sebagian ilustrasi pengetesan fungsional merupakan:

Bisakah konsumen sukses masuk ke aplikasi sehabis mereka membagikan kredensial yang legal?

Apakah gateway pembayaran menyangkal masuk serta menunjukkan catatan kekeliruan kala konsumen memasukkan no kartu angsuran yang tidak asi?

Apakah input ke layar Add New Record sukses menaikkan serta menaruh record terkini ke database?

Di akhir pengetesan fungsional, Kamu wajib mempunyai fitur lunak yang mempunyai antarmuka konsumen yang koheren serta API yang tidak berubah- ubah dan berintegrasi dengan cara lembut dengan cara bidang usaha.

Tes fungsional vs. Non- Fungsional

Tidak semacam pengetesan non- fungsional, pengetesan fungsional tidak berhubungan dengan menyelidiki mutu, keamanan, ataupun kemampuan isyarat pangkal yang melandasi aplikasi. Itu tidak mengukur kecekatan, skalabilitas, ataupun keandalan.

Kebalikannya, pengetesan fungsional berpusat pada hasil pemrosesan dari metode pemrosesan, serta memastikan apakah aplikasi penuhi impian minimal dasar konsumen.

Dalam penafsiran ini, arti uji fungsional nyaris sama dengan pengetesan kotak gelap, sebaliknya pengetesan kotak putih di bagian lain lebih biasa ialah karakter uji nonfungsional. Buat menggali lebih dalam pengetesan fungsional serta non- fungsional, pelajari lebih lanjut tipe pengetesan fitur lunak: fungsional serta non- fungsional.

Langkah- langkah khas buat Tes fungsional

Konsep percobaan fungsional umumnya menjajaki antrean selanjutnya:

Pastikan tujuan tes

Tujuan pengetesan fungsional merupakan fitur yang diharapkan dipunyai oleh fitur lunak bersumber pada persyaratan cetak biru. Tujuan pengetesan tercantum memandu kalau aplikasi bekerja begitu juga diartikan, serta menanggulangi kekeliruan serta skrip tidak tersangka dengan nyaman.

Untuk skrip pengujian

Kembangkan catatan seluruh skrip pengetesan yang bisa jadi( ataupun paling tidak seluruh skrip yang sangat berarti) buat fitur khusus. Skrip pengetesan menarangkan bermacam metode fitur hendak dipakai. Misalnya, buat materi pembayaran, skrip pengetesan bisa jadi melibatkan sebagian mata duit, menanggulangi no kartu yang tidak asi ataupun basi, serta membuat pemberitahuan mengenai penanganan bisnis yang sukses.

Konfigurasikan informasi pengujian

Menghasilkan informasi pengetesan yang mensimulasikan situasi pemakaian wajar bersumber pada skrip pengetesan yang sudah Kamu seleksi. Kamu bisa memasukkan informasi pengetesan dengan cara buku petunjuk( misalnya dari spreadsheet MS- Excel ataupun hard copy) ataupun dengan cara otomatis lewat naskah pengetesan ataupun perlengkapan yang membaca serta memasukkan informasi dari database, file latar, XML, ataupun spreadsheet. Tiap set informasi masukan pula wajib bermuatan informasi terpaut yang menarangkan hasil yang diharapkan dari informasi masukan.

Konsep permasalahan Tes fungsional

Untuk permasalahan percobaan bersumber pada hasil yang di idamkan dari input pengetesan yang berlainan. Misalnya, bila Kamu memasukkan no kartu angsuran yang tidak asi, aplikasi hendak menunjukkan catatan kekeliruan yang berarti.

Eksekusi permasalahan Tes fungsional

Jalankan permasalahan percobaan lewat aplikasi serta bandingkan hasil faktual dengan hasil yang diharapkan. Bila keluaran faktual serta yang diharapkan berlainan, fitur itu sudah kandas dalam pengetesan serta cacat wajib dicatat.

Cacat yang disengaja, melacak serta menyelesaikannya

Sehabis cacat diidentifikasi, itu wajib dicatat pada sistem pencarian sah yang bisa diakses oleh semua regu cetak biru. Pergantian yang dibutuhkan wajib dicoba pada aplikasi serta permasalahan percobaan dijalani lagi buat mengonfirmasi pemecahan saat sebelum cacat diisyarati selaku ditutup.

Gimana metode kegiatan perlengkapan pengetesan fungsional otomatis?

Perlengkapan otomatisasi pengetesan fungsional bisa berhubungan dengan antarmuka konsumen aplikasi yang dicoba. Mereka bisa mengidentifikasi subjek di layar, semacam kotak catatan, kotak bacaan, serta tombol, serta mereka bisa membuat opsi dan memasukkan serta mengetuk informasi.

Banyak perlengkapan otomatisasi pengetesan fungsional melibatkan perekam yang” memantau” konsumen dikala mereka berhubungan dengan aplikasi serta bagian layarnya, merekam informasi yang mereka masukkan ke dalam sistem, serta aksi konsumen, semacam memencet tombol ataupun memilah menu. Aksi ini setelah itu bisa diputar balik, memakai subjek, informasi, serta aksi yang didapat sepanjang perekaman buat mereplikasi kegiatan konsumen. Hasil dari aksi ini ditulis oleh instrumen percobaan, serta dibanding dengan hasil yang diharapkan yang diresmikan oleh insinyur otomasi buat memastikan apakah pengetesan sukses ataupun kandas.

Teknisi otomasi pengetesan fungsional bisa membuat pengetesan mereka setahap untuk setahap memakai subjek yang dikenali perlengkapan, ataupun mereka bisa mengawali dengan menulis, membiasakan tahap, serta memastikan patokan informasi buat menggeneralisasi serta membolehkan pengetesan berjalan di area yang berlainan, tercantum browser serta fitur seluler.

Intelek ciptaan di tempat kerja

Perlengkapan Pengujian

Perlengkapan otomatisasi pengetesan terkenal dikala ini merangkum keahlian intelek ciptaan( AI) yang memakai metode mutahir semacam penataran mesin, visi pc, jaringan saraf, serta pemrosesan bahasa natural. Ini menolong mengenali subjek di layar dengan metode yang serupa semacam yang dicoba orang, berhubungan dengan serta memalsukan subjek dengan cara natural, serta membolehkan uji ditulis memakai bahasa Inggris lazim.

Otomatisasi pengetesan fungsional berplatform AI sudah teruji kurangi durasi pembuatan pengetesan, tingkatkan jangkauan pengetesan, tingkatkan daya tahan peninggalan pengetesan, serta kurangi usaha perawatan pengetesan.

Apa Aplikasi Terbaik Tes fungsional ?

Untuk Permasalahan Percobaan Lebih Awal

Janganlah menunggu pengkodean aplikasi ataupun materi berakhir saat sebelum Kamu mulai membuat permasalahan percobaan. Pada tahap dini cetak biru, keinginan konsumen hendak jadi yang sangat terkini. Kamu senantiasa bisa mengganti permasalahan percobaan esok cocok keinginan.

Mengotomatisasikan

Pengetesan fungsional dapat jadi cara yang susah, kesekian, serta menyantap durasi. Terus menjadi banyak Kamu mengotomatisasi, terus menjadi kilat Kamu bisa membenarkan fungsionalitas yang di idamkan ataupun mengenali serta membenarkan cacat, serta terus menjadi Kamu mengirit durasi serta bayaran pengetesan. Bisa jadi tidak bisa jadi, ataupun apalagi di idamkan, buat mengotomatiskan seluruh permasalahan percobaan, namun cuma dengan menghasilkan permasalahan percobaan yang sangat berarti dari catatan buku petunjuk bisa amat tingkatkan ROI pengetesan Kamu.

Pahami Cara Pandangan Pengguna

Pengetes fungsional wajib mempunyai penghargaan yang mendalam kepada cara berasumsi konsumen akhir. Kerapkali terdapat jenis konsumen yang berlainan buat tiap aplikasi( konsumen, pedagang, administrator, aparat kata kepala informasi, bos, dan lain- lain.). Tipe konsumen yang berlainan serta pelayaran aplikasi yang khas wajib dipikirkan buat tiap konsep pengetesan.

Prioritaskan

Pengetes mempunyai durasi serta pangkal energi yang terbatas. Tidak seluruh fitur bisa dicoba. Sebagian guna aplikasi mempunyai prioritas besar serta oleh sebab itu, pengetesan wajib diprioritaskan dari fitur dengan prioritas lebih kecil.

Perlengkapan Tes fungsional Otomatis Pintar Berenergi AI Kita Bisa Membantu

Walaupun Pengetesan Fungsional bisa jadi tantangan untuk banyak badan, khasiat dari badan QA pengetesan fungsional yang diotomatisasi dengan betul jauh lebih besar dari tantangan ini, serta menggunakan daya perlengkapan pengetesan fungsional yang sudah teruji merupakan metode terbaik buat melaksanakannya. Cari ketahui gimana Pemecahan Fitur Lunak Pengetesan Fungsional Fokus Mikro bisa menolong Kamu mengekstrak angka maksimal dari pengetesan fungsional Kamu.

Tentang Jindra Dongoran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *