WiFi Tidak Muncul Di Windows 10

WiFi Tidak Muncul Di Windows 10 ? 10 Solusi Untuk Memperbaikinya

Logitekno.com – WiFi Tidak Muncul Di Windows 10 .Kita semua telah menyimpan jaringan WiFi yang terhubung secara otomatis kapan pun dalam jangkauan. Anda tidak perlu berusaha atau menambahkan kredensial saat Anda ingin terhubung ke jaringan yang disimpan. Yang perlu Anda lakukan adalah mengeklik jaringan WiFi saat jaringan itu muncul. Namun, banyak pengguna mengeluh tentang WiFi tidak muncul di Windows 10.

Nah, ini bisa mengganggu karena mencegah Anda terhubung ke jaringan dalam jangkauan. Ini bisa karena driver jaringan, fitur Wi-Fi yang dinonaktifkan, pengaturan yang salah, dan gangguan sementara. Apa pun alasan di balik masalah Wi-Fi, ada solusi yang bisa diterapkan untuk memperbaiki jaringan WiFi yang dapat membantu Anda menghilangkannya.

Memperbaiki WiFi Tidak Muncul Di Windows 10

Kami telah mencantumkan 20 solusi yang dapat membantu Anda memperbaiki masalah WiFi. Anda dapat melihat daftar solusi yang diberikan di bawah ini dalam urutan kronologis. Setelah masalah Wi-fi teratasi, Anda akan terhubung ke internet lagi menggunakan jaringan nirkabel.

1. Restart Komputer

Anda dapat me-reboot komputer untuk memperbaiki jaringan WiFi tidak muncul. Jika kesalahan hanya karena kesalahan sementara, restart dapat memperbaikinya dengan cepat.

Klik pada logo Windows pada taskbar dan kemudian klik pada ikon Power. Klik pada opsi Mulai Ulang.

Setelah restart, periksa apakah Anda dapat melihat jaringan WiFi yang ingin Anda sambungkan.

2. Coba Hubungkan Ke Jaringan WiFi Dari Layar Terkunci

Anda dapat mengunci PC Anda dan kemudian mencoba menghubungkan ke jaringan WiFi pilihan Anda.

  • Tekan tombol Windows + L; ini akan mengunci PC Anda. Sekarang, klik simbol WiFi di layar terkunci dan periksa apakah jaringan muncul atau tidak.
  • Jika muncul, sambungkan dan masuk ke sistem Anda lagi. Anda akan dapat menggunakan internet melalui WiFi tanpa masalah.

3. Aktifkan WiFi

Jika opsi WiFi dinonaktifkan, Anda tidak akan melihat jaringan yang tersedia saat Anda mengklik ikon WiFi. Ada tiga cara untuk mengaktifkan WiFi di komputer Anda.

Anda dapat memeriksa ketiga cara untuk mengetahui apakah Wi-Fi diaktifkan di komputer Anda atau tidak.

Aktifkan WiFi melalui Aplikasi Pengaturan

  • Tekan tombol Windows + I untuk membuka aplikasi Pengaturan dan pergi ke Jaringan & Internet. Klik pada Wi-Fi di panel kiri jendela.
  • Sekarang, alihkan sakelar di bawah Wi-Fi untuk menyalakannya.

Aktifkan WiFi melalui Panel Kontrol

  • Anda dapat mengaktifkan WiFi melalui Control Panel juga. Arahkan ke Pengaturan Jaringan & Internet Wi-Fi dan klik Ubah opsi adaptor di bawah Pengaturan terkait.
  • Ketika jendela Control Panel terbuka, klik kanan pada jaringan Wi-Fi dan pilih Enable dari menu konteks.
  • Anda akan diminta untuk memasukkan kredensial administrator, masukkan untuk mengaktifkan WiFi.

Aktifkan WiFi melalui Switch

  • Opsi terakhir adalah mengaktifkan Wi-Fi melalui sakelar fisik yang tersedia di laptop Anda. Nah, opsi ini tidak tersedia di semua model. Anda dapat memeriksa manual pabrikan dan mengaktifkan WiFi menggunakan sakelar WiFi.
  • Setelah WiFi diaktifkan, periksa apakah jaringan yang diperlukan muncul atau tidak.

4. Jalankan Pemecah Masalah Jaringan

Anda dapat menggunakan pemecah masalah bawaan untuk memperbaiki WiFi yang tidak muncul di Windows 10. Ada banyak pemecah masalah yang tersedia yang dapat membantu Anda memperbaiki masalah terkait jaringan.

Buka aplikasi Pengaturan Jaringan & Internet dan pastikan Anda berada di bagian Status. Sekarang, gulir ke bawah dan klik Pemecah masalah jaringan di bawah Pengaturan jaringan lanjutan.

Biarkan Windows menjalankan pemecah masalah. Jika jaringan WiFi Anda masih tidak muncul setelah menjalankan pemecah masalah jaringan, Anda dapat menjalankan beberapa pemecah masalah lagi, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

  • Buka Pengaturan Perbarui & Keamanan lalu navigasikan ke bagian Pemecahan Masalah dari bingkai kiri jendela.
  • Klik tautan Pemecah masalah tambahan.
  • Ada 2 pemecah masalah di sini yang dapat membantu Anda memperbaiki masalah dengan jaringan WiFi. Klik pada Koneksi Internet dan kemudian klik tombol Jalankan pemecah masalah.
  • Anda juga dapat menjalankan pemecah masalah untuk Adaptor Jaringan.
  • Setelah Anda menjalankan kedua pemecah masalah, periksa apakah masalah dengan koneksi WiFi diselesaikan dengan ini atau tidak.

5. Perbarui Windows

Pembaruan driver adalah bagian dari pembaruan Windows. Jika WiFi tidak muncul di Windows 10 karena driver jaringan yang ketinggalan zaman, memperbarui Windows dapat membantu.

Buka aplikasi Pengaturan dan klik Perbarui & Keamanan. Klik tombol Periksa pembaruan.

Unduh dan instal pembaruan terbaru yang tersedia. Anda dapat terhubung ke internet menggunakan kabel Ethernet untuk mengunduh pembaruan.

6. Ubah Layanan AutoConfig WLAN

Layanan WLAN AutoConfig terkait dengan konektivitas nirkabel. Anda perlu memulai layanan ini dan membuat perubahan yang diperlukan agar jaringan WiFi dapat muncul di PC Anda.

  • Tekan tombol Windows + R untuk membuka Jalankan dan ketik Layanan di sana. Klik OK untuk membuka aplikasi Layanan.
  • Cari layanan WLAN AutoConfig di jendela Layanan dan klik dua kali untuk membuka kotak dialog Properties-nya.
  • Pastikan Anda berada di tab General lalu ubah Startup type menjadi Automatic. Jika layanan tidak berjalan, klik tombol Mulai. Klik Terapkan dan OK untuk simpan perubahannya.
  • Anda dapat menutup aplikasi Layanan dan memeriksa apakah masalah WiFi tidak muncul teratasi dengan perbaikan ini. Jika jaringan masih tidak muncul, reboot PC Anda dan periksa lagi.

7. Mulai ulang Router WiFi

Jika Anda mengalami masalah dengan hanya satu jaringan tertentu, Anda dapat mencoba me-restart router dan modem. Terkadang, mungkin ada kesalahan yang mencegah jaringan muncul.

  • Pertama, cabut router dan modem dari sumber listrik.
  • Anda sekarang perlu menunggu sekitar 30 detik dan kemudian menghubungkan router dan modem kembali ke sumber listrik.
  • Sekarang, periksa apakah Anda dapat melihat jaringan di komputer Anda.
  • Anda juga dapat menghubungi ISP untuk memeriksa apakah ada kesalahan jaringan dari pihak mereka.

8. Perbarui Driver Jaringan WiFi

Jika pembaruan Windows tidak memperbarui driver Wi-Fi, Anda dapat melakukannya secara manual. Anda dapat memperbarui driver secara manual melalui Device Manager.

Tekan tombol Windows + X dan klik Device Manager untuk membukanya. Di jendela Device Manager, perluas bagian Network adapters dan klik kanan pada driver jaringan nirkabel. Ketuk update Driver dari konteks Menu.

Anda kemudian dapat mengikuti petunjuk di layar Anda untuk menyelesaikan proses pembaruan. Jika Anda tidak ingin memperbarui driver secara manual, Anda dapat menggunakan perangkat lunak pihak ketiga seperti Driver Booster untuk melakukannya.

9. Periksa Apakah Layanan Berjalan

Anda dapat terhubung ke WiFi dengan nyaman jika layanan yang diperlukan sedang berjalan. Jika ada masalah dengan layanan ini, Anda dapat mengalami WiFi tidak muncul di Windows 10.

Buka aplikasi Layanan di komputer Anda dan kemudian periksa apakah layanan di bawah ini berjalan atau tidak. Anda bisa mengeceknya di kolom Status.

10. Aktifkan Penemuan Jaringan Discover

Banyak pengguna memperbaiki WiFi yang tidak muncul di masalah Windows 10 dengan mengaktifkan penemuan jaringan melalui Control Panel.

  • Buka Control Panel dengan mencarinya di menu Start. Klik pada bagian Jaringan dan Internet. Pastikan opsi Lihat menurut dipilih ke Kategori.
  • Pada layar berikutnya, klik Jaringan dan Pusat Berbagi.
  • Pilih Aktifkan penemuan jaringan dan klik tombol Simpan perubahan.

Tentang Jindra Dongoran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *