Cara Menghemat Kuota

Cara Menghemat Kuota di Android dan iOS !

Logitekno – Cara Menghemat Kuota Data Seluler Anda di Android dan iOS

Seiring berkembangnya konektivitas Internet, skema harga Paket juga berkembang. Lewatlah sudah hari-hari paket Internet tanpa batas, meskipun lambat. Saat ini, operator berlomba untuk memberikan kecepatan yang lebih cepat, tetapi dengan harga – batas atau batasan bandwidth. Jadi, sementara pelanggan disuguhi kecepatan super cepat untuk konektivitas Internet seluler, mereka juga dibatasi oleh batasan.

Misalnya, T-Mobile dikatakan memberikan rata-rata 12,26 MBPS dalam konektivitas seluler 4G LTE, tercepat di AS pada Februari 2016. Namun, paket dasarnya di Rp. 700.000 per bulan hanya memiliki jatah 2GB.

Jika pelanggan ingin menikmati kecepatan 4G LTE yang sangat cepat tanpa batas di luar 2GB unduhan dan unggahan, mereka harus membayar lebih dari Rp.650.000 ekstra, sehingga total harga paket menjadi Rp.1300.000. Jika ponsel adalah model unggulan tingkat atas, mungkin ada biaya tambahan juga.

Tidak semua orang membutuhkan Kuota Unlimited untuk digunakan saat mereka bepergian. Serius, berapa kali Anda benar-benar harus memeriksa Facebook atau email saat Anda berada di luar rumah atau di luar tempat kerja yang tertutup WiFi? Anda selalu dapat menunggu dan online saat Anda kembali ke rumah, di tempat kerja, atau saat Anda minum kopi di kafe yang terhubung dengan WiFi.

Tetapi bagaimana jika Anda menunggu email yang sangat penting masuk? Bagaimana jika, Anda harus menunggu email itu sepanjang hari? Kemudian, Anda lebih baik mengubah ponsel Anda untuk memastikan bahwa Anda tidak “mengeluarkan” Kuota saat Anda menunggu email yang sangat penting itu.

Meskipun ada persamaan dan perbedaan antara perangkat berbasis Apple dan Android, ada 4 prinsip utama untuk menghemat Kuota saat Anda menggunakan mode 3G /4G atau Data Seluler.

Cara Menghemat Kuota dengan Tweak Sistem

  • Untuk IOS

Langkah 1 : Matikan Wifi Assist.

WiFi Assist telah menjadi kontroversi karena telah membuat Apple masuk ke dalam air panas. Pasangan California William Scott Phillips dan Suzanne Schmidt-Phillips mengajukan gugatan class action terhadap Apple karena gagal memperingatkan konsumen bahwa “WiFi Assist” akan mengaktifkan telepon ke data 3G/4G ketika sinyal WiFi buruk.

Jadi, untuk menghindari membiarkan ponsel Anda menghabiskan alokasi bandwidth Anda secara tidak perlu, matikan fitur seperti yang digambarkan. Aplikasi Anda hanya dapat mengambil data yang diberdayakan oleh Internet saat Anda menggunakan WiFi.

Langkah 2 : Matikan Aplikasi yang Terlalu banyak memakan Kuota Atau Nonaktifkan Semua Aplikasi Anda Secara Keseluruhan.

Ingat situasi yang digambarkan sebelumnya? Ketika Anda perlu menunggu email sehingga Anda harus tetap online di 3G/4G, tetapi Anda perlu menghemat Kuota sebanyak mungkin?

Nah untuk Cara Menghemat Kuota, sekaranglah waktunya untuk memastikan bahwa hanya aplikasi Anda yang paling dibutuhkan yang akan menggunakan bandwidth Anda.

Buka Pengaturan > Seluler di iPhone Anda, lalu lihat daftar aplikasi Anda. Nonaktifkan semua yang ada di daftar, kecuali aplikasi yang Anda perlukan, seperti Mail, Gmail, Kalender pilihan Anda yang disinkronkan dengan cloud, aplikasi manajemen proyek pilihan Anda, atau jika Anda hanya membutuhkan Mail, maka cukup isi diri Anda dengan Spartan penggunaan data dan aplikasi.

Seperti yang disarankan sebelumnya, ada ratusan cara untuk menghibur diri sendiri tanpa harus online. Terkadang, hidup dengan kebutuhan pokok bisa sedikit mengasyikkan. Di zaman konektivitas ekstrem, sedikit terputus bisa menjadi pengalaman yang menyegarkan. Penggunaan data Anda dan rekening bank Anda akan berterima kasih nanti.

Langkah 3. Matikan Data Seluler, Terutama Data Roaming, Saat Tidak Digunakan.
Meskipun langkah ini terdengar seperti yang diberikan, beberapa orang berpikir itu adalah “kebutuhan” untuk “selalu aktif,” tetapi dengan biaya.

Kecuali Anda berada di ember tak terbatas, yang mungkin terbukti mahal untuk sebagian besar operator, yang terbaik adalah menyimpan data seluler Anda, terutama opsi Data Roaming, “sesuai kebutuhan.”

  • Untuk Android:

Untungnya, untuk Android, belum ada fitur yang mirip dengan WiFi Assist di iOS yang disiapkan. Dan dengan bagaimana Bantuan WiFi membuat marah pengguna di seluruh Indonesia, itu juga. Mudah-mudahan, tim Android akan menghindari penerapan ide “cerah” seperti itu di Android.

Untuk mengubah pengaturan Anda di Android, buka Pengaturan > Nirkabel & Jaringan > Penggunaan Data > [Pilih aplikasi] > Centang “Batasi Data Latar Belakang”.

Saat Anda menggunakan 3G/4G, aplikasi akan berhenti menarik data dari Internet dan menggunakan jatah paket Anda tanpa sepengetahuan Anda.

Anda dapat membatasi semua aplikasi yang disimpan untuk aplikasi yang benar-benar Anda butuhkan, seperti Mail, Gmail, Kalender, dan aplikasi manajemen proyek pilihan Anda. Beberapa game menyedot data di latar belakang, jadi pastikan untuk memeriksanya juga.

Cara Menghemat Kuota : Gunakan Browser Penghemat Data.

Untungnya, Opera Mini tersedia di iPhone dan Android, jadi ini adalah salah satu aplikasi yang sangat kami rekomendasikan untuk digunakan untuk menjelajah.

Buka Ikon/Pengaturan Opera > Mode Hemat > Pastikan ikon penghematan data “EKSTREM” diaktifkan/hijau.

Di iOS, fitur ini dikenal sebagai “Opera Turbo,” nama yang mereka berikan untuk fitur tersebut beberapa tahun lalu. Jika Anda perhatikan, ini memiliki terminologi yang berbeda pada versi Android, meskipun mereka mempertahankan nama untuk iOS dan Opera desktop.

Periksa Pengaturan Gambar dan lihat apakah Anda ingin menonaktifkannya saat menggunakan 3G, atau Anda dapat menggunakan kualitas gambar apa pun yang Anda inginkan.Jika Anda ingin menggunakan Facebook di browser Opera Mini Anda, buka Ikon Opera > Pengaturan > Pemberitahuan Facebook > Centang opsi di samping “Pemberitahuan Facebook. Namun, fitur ini mungkin terbatas pada Opera Mini versi Android.

Opera Mini baru-baru ini menambahkan fitur “Peningkatan Video”, yang muncul di Android hanya ketika Penghematan Data dalam “Tinggi” dan bukan “Ekstrim.” Fitur ini memungkinkan video dimuat lebih cepat dan dengan penggunaan data lebih sedikit dari biasanya.

Buka Aplikasi Facebook Anda

nah Cara Menghemat Kuota Selanjutnya untuk Di Android, pengguna memiliki opsi untuk menggunakan Facebook Lite hemat data alih-alih Aplikasi Facebook utama. Di perangkat saya, aplikasi Facebook telah menggunakan 31,35 MB sedangkan aplikasi Messenger telah menggunakan 9,66 MB. Facebook Lite, di sisi lain, hanya menggunakan 9,66 MB.

Pada perangkat khusus ini, Facebook Lite telah digunakan selama sekitar 2 bulan lebih lama daripada aplikasi Facebook lainnya. Jadi, jika Anda tidak benar-benar membutuhkan semua fitur lain dari aplikasi Facebook lengkap, Anda dapat menghemat lebih banyak data jika menggunakan Facebook Lite saat bepergian.

Di iOS, alternatif terbaik adalah “Friendly Social,” yang memungkinkan Anda menggunakan beberapa akun Facebook, Messenger, dan bahkan Instagram dalam satu aplikasi. Ini menghabiskan lebih sedikit data daripada aplikasi Facebook resmi, jadi itu kabar baik, memang.

Aplikasi ini memiliki versi bebas iklan, dengan biaya $2,99 yang sangat wajar. Pengguna telah mengoceh tentang “Sosial Ramah,” jadi patut dicoba sebagai alternatif aplikasi Facebook.

Jika tidak, Anda selalu dapat menggunakan Facebook melalui Safari atau Chrome.

Cara Menghemat Kuota : Gunakan Aplikasi Kompresi Data Seluruh Sistem.

Opera memiliki Opera Max untuk perangkat Android sementara Onavo tersedia untuk iOS dan Android.

Onavo memiliki tiga aplikasi untuk iPhone:

  • Memperpanjang. Menghemat penggunaan data di iPhone Anda, secara sistemik. Aplikasi ini telah mendapatkan sambutan hangat dari PCMag dan Wired.
  • Menghitung. Jika Anda ingin mengetahui bagaimana aplikasi ponsel Anda menggunakan data selama 30 hari terakhir, Count akan membantu Anda menentukan ke mana perginya penggunaan data. Ini terintegrasi dengan Onavo Extend.
  • Melindungi. Onavo Protect akan menyelamatkan pengguna dari upaya phishing dan halaman serta portal berbahaya lainnya. Meskipun ini tidak melakukan apa pun yang terkait dengan penyimpanan data, ada baiknya mengetahui bahwa aplikasi ini tersedia untuk iPhone.

Onavo memiliki Extend dan Onavo yang tersedia untuk Android.

Hitung dan Perpanjang Onavo membantu pengguna menentukan dan kemudian mengoptimalkan penggunaan data di iPhone dan Android mereka, seperti halnya Opera Max.

Opera Max, di sisi lain, adalah solusi satu atap untuk Android. Ini memiliki tabel penggunaan dan data, serta fungsi dan kontrol penggunaan data per aplikasi. Tetapi periksa antara solusi dua aplikasi Onavo dan Opera Max untuk melihat aplikasi atau kumpulan aplikasi mana yang lebih intuitif untuk Anda gunakan dengan Android Anda.

Kesimpulan

Mengingat trik Cara Menghemat Kuota di ponsel Anda, kemungkinan besar kamu tidak akan menjadi kanker alias Kantong kering karena kuota, berkat aplikasi yang tanpa disadari menghabiskan data di latar belakang.

Dengan pemantauan yang cermat dan memanfaatkan fungsi dan aplikasi yang kami sarankan di sini, kami yakin Anda dapat dengan mudah untuk berselancar Internet seluler.

Tentang Kacung Winarno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *