Cara Kirim Aplikasi

Cara Kirim Aplikasi Dari Android Ke Android

Logitekno Cara Kirim Aplikasi Dari Android  Android

Kami menggunakan ponsel kami untuk menyelesaikan berbagai tugas yang ada, dan ada juga berbagai aplikasi untuk melakukan tugas tersebut. Saat kami beralih ke ponsel baru, tingkat kegembiraannya tinggi. Namun, ketika kami memikirkan tugas besar mengirim aplikasi dari satu ponsel Android ke ponsel lain, pengguna mencari cara termudah untuk mengirim aplikasi dari Android ke Android.

Ponsel Android memberi kita lebih banyak kemudahan dalam hal mengirim aplikasi dan data dengan Google Drive dan aplikasi lain. Beberapa produsen menyediakan aplikasi dan pengaturan bawaan agar aplikasi Kamu dari ponsel lama ke ponsel Android baru.

Cara Kirim Aplikasi Dari Android Ke Android

kita lihat berbagai cara Kamu dapat kirim aplikasi Android ke ponsel baru. Kamu dapat mengikuti salah satu metode mengirim aplikasi yang menurut Kamu sesuai dengan kebutuhan Kamu.

Instal Aplikasi Di Ponsel Baru

Saat ini, semua aplikasi meminta Kamu untuk masuk sehingga lebih mudah untuk memiliki data di perangkat mana pun yang Kamu inginkan. Jadi, jika Kamu hanya akan mengirim satu atau dua aplikasi ke perangkat Android lain, Kamu cukup buks Play Storemu dan mengunduh aplikasi tersebut.

Setelah Kamu memiliki aplikasi Android di ponsel baru, masuk ke akun Kamu, dan Kamu akan memiliki semua data Kamu di sana. Jika Kamu lupa ID login dan kata sandi Kamu, Kamu bisa mendapatkannya menggunakan fitur ‘Lupa kata sandi Kamu’. Dan dalam skenario terburuk, dukungan pelanggan aplikasi dapat membantu Kamu mendapatkan kata sandi.

Jika aplikasi Kamu tidak memiliki akun dan Kamu perlu mengirim lebih dari satu atau dua aplikasi ke ponsel lain, lihat cara lain di bawah ini.

Layanan Pencadangan Dan Pemulihan Google Di Ponsel Android Baru

Pencadangan dan pemulihan Google adalah cara termudah untuk mengirim semua data dan aplikasi Kamu dari satu ponsel Android ke ponsel lainnya. Prosesnya melibatkan pencadangan data dari ponsel lama ke cloud dan kemudian memulihkannya di perangkat baru.

Metode pencadangan dan pemulihan akan bekerja paling baik di ponsel Android yang menjalankan Lollipop dan di atasnya. Ikuti Cara Cara di bawah untuk memiliki semua aplikasi dan data Android Kamu di ponsel baru.

Cadangkan Data dari Ponsel Lama

  • Langkah 1: Buka aplikasi Pengaturan ponsel Kamu dan buka Sistem.
  • Langkah 2: Dalam pengaturan Sistem, klik Cadangan.
  • Langkah 3: Sekarang, alihkan sakelar di sebelah ‘Cadangkan ke Google Drive’ sedemikian rupa sehingga dihidupkan.
  • Langkah 4: Klik tombol Cadangkan sekarang untuk mendapatkan cadangan terbaru dari ponsel lama Kamu.

Jangan mematikan atau me-restart telepon Kamu saat backup aktif, dan juga pastikan Kamu terhubung ke internet terus menerus selama backup.

Kembalikan Cadangan ke Telepon Baru

Jika pencadangan selesai, mulai proses pemulihan di ponsel lain. Langkah-langkah yang diberikan di bawah ini mungkin berbeda tergantung pada produsen perangkat dan versi Android. Namun, mudah untuk mengirim konten jika Kamu mengikuti wizard di layar ponsel.

  • Langkah 1: Untuk memulihkan aplikasi Kamu di telepon baru, hidupkan telepon, dan mulailah mengatur handset Kamu.
  • Langkah 2: Pilih jaringan Wi-Fi rumah Kamu dan sambungkan ke sana. Akan mudah untuk memulihkan data jika Kamu terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama seperti ponsel lama yang ter connect.
  • Langkah 3: Masuk ke akun Google yang sama dengan ponsel lama tempat cadangan disimpan dan lanjutkan penyiapan dengan mengikuti petunjuk di layar.

Saat Kamu membuka Layanan Google di halaman penyiapan, ada opsi bagi Kamu untuk memilih perangkat mana yang ingin Kamu pulihkan. Di sini, Kamu perlu memilih nama/id ponsel Android lama.

Akan ada daftar aplikasi juga; pilih apakah Kamu ingin semua aplikasi atau hanya beberapa. Kamu dapat memulihkan aplikasi dan pengaturan dari cloud atau perangkat Android (jika produsen perangkat menyediakan opsi). Kamu sekarang mungkin memiliki semua aplikasi dari perangkat Android lama Kamu ke yang baru. Jika Kamu tidak nyaman dengan ini, lihat cara kirim aplikasi dari android ke android menggunakan cara lain.

Gunakan Bluetooth

Jika Kamu ingin mengirim beberapa aplikasi dari Android ke Android, Kamu dapat menggunakan Bluetooth. Kamu akan memerlukan aplikasi pihak ketiga tambahan untuk melakukan transfer.

Unduh aplikasi Apk Extractor dari Play Store di ponsel tempat transfer dimulai. Setelah aplikasi terinstal, luncurkan dan klik aplikasi yang ingin Kamu transfer ke ponsel Android lain. Klik bagikan lalu pilih Bluetooth.

Kamu harus mengaktifkan Bluetooth di telepon lain untuk memulai transfer. Setelah Kamu mendapatkan file aplikasi, Kamu dapat menginstalnya.

Proses ini sedikit memakan waktu karena kecepatan transfernya lambat, jadi menggunakannya untuk mentransfer semua aplikasi bisa memakan waktu terlalu lama. Jika Kamu memiliki lebih banyak aplikasi untuk ditransfer, pilih cara lain untuk mentransfer dari daftar.

Gunakan NFC

Transfer aplikasi dari satu perangkat Android ke perangkat lain dapat dilakukan menggunakan NFC juga. Sekali lagi ini adalah pilihan yang layak hanya jika ada satu atau dua aplikasi untuk ditransfer. Proses mentransfer aplikasi menggunakan NFC memakan waktu dan mungkin memerlukan sedikit keahlian teknis. Kamu dapat memeriksa panduan lengkap tentang cara menggunakan NFC.

Kedua ponsel akan membutuhkan fungsi NFC dan Android Beam untuk melanjutkan transfer. Kamu dapat mengonfirmasinya dengan masuk ke pengaturan perangkat dan mencari NFC. Setelah Kamu menemukannya, aktifkan di kedua ponsel.

Pastikan Kamu mengaktifkan Android beam juga. Sekarang, Kamu memerlukan file apk dari aplikasi yang perlu Kamu transfer. Kamu dapat menginstal Apk Extractor dan mengunduh semua file aplikasi dari aplikasi yang Kamu butuhkan di ponsel lain.

Sekarang, buka konten yang ingin Kamu transfer dan buka kunci kedua ponsel. Kamu harus menjaga ponsel dengan punggung menyentuh satu sama lain. Setelah koneksi melalui NFC dibuat, akan ada suara. Klik pada file yang ingin Kamu bagikan. Kamu dapat mentransfer aplikasi, musik, foto, dan file lainnya menggunakan NFC. Namun, jika ada transfer massal, Kamu harus memikirkan beberapa cara lain, karena ini akan memakan waktu terlalu lama.

Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Kamu ingin mengetahui lebih banyak cara kirim aplikasi dari Android ke Android, maka salah satu caranya adalah menggunakan aplikasi transfer data pihak ketiga. Ada banyak aplikasi yang ada didalam Play Store yang dapat membantu Kamu mentransfer data dengan mulus dari satu ponsel Android ke ponsel lainnya.

CLONEit adalah salah satu aplikasi transfer terbaik yang tersedia di PlayStore. Dengan aplikasi ini, Kamu dapat mentransfer 12 jenis data dari satu ponsel ke ponsel lainnya tanpa kabel, komputer, atau koneksi jaringan. Mudah dan cepat dan merupakan transfer data offline yang nyata, tanpa takut kebocoran data.

Kamu dapat mereplikasi kontak, pesan, aplikasi, musik, foto, dan video hanya dengan satu klik. Untuk mentransfer aplikasi dari satu perangkat Android ke perangkat Android lainnya, instal aplikasi CLONEit di kedua ponsel dan buka aplikasi. Replikasi ponsel Kamu dalam dua langkah mudah: Klik Penerima di satu ponsel dan Pengirim di sisi lain. Setelah ponsel terhubung, cukup pilih file untuk dikloning dan tekan CLONEit untuk transfer aplikasi dan data segera.

Kamu juga dapat menggunakan aplikasi telepon lain seperti Mobikin Transfer for Mobile. Aplikasi ini akan memungkinkan Kamu untuk memulai transfer antara dua perangkat Android dan antara perangkat Android dan iOS. Ada banyak aplikasi lain yang tersedia di Play Store, yang dapat Kamu periksa dan gunakan.

Gunakan Aplikasi Transfer Telepon Bawaan

Banyak produsen ponsel Android menyediakan aplikasi bawaan untuk mentransfer aplikasi dan data dari satu ponsel ke ponsel lainnya. Kamu dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk mentransfer, karena aplikasi tersebut aman dan terlindungi serta dapat membantu Kamu mentransfer semua jenis data dengan mudah.

Samsung Smart Switch Ponsel

Smart Switch telah dimuat sebelumnya di beberapa ponsel Samsung. Jika Kamu tidak memilikinya di ponsel Kamu, Kamu dapat mengunduhnya dari tautan Play Store yang diberikan di bawah ini.

Namun, ini hanya berfungsi untuk ponsel yang menjalankan Android 4 dan lebih tinggi. Dengan Samsung Smart Switch, Kamu dapat mentransfer kontak, musik, pengaturan, aplikasi, pesan teks kalender, log panggilan, alarm, dll., ke ponsel Android baru Kamu.

Smart Switch berfungsi untuk semua perangkat dan tablet Galaxy terbaru dari Galaxy S2 dan seterusnya. Ini mungkin tidak berfungsi dengan baik di Galaxy S2 karena masalah firmware. Aplikasi ini mudah digunakan, dan Kamu dapat memiliki semua data dari ponsel lama ke ponsel baru.

LG Mobile Switch

Jika Kamu memiliki ponsel LG, Kamu dapat menggunakan LG Mobile Switch untuk mentransfer aplikasi dari Android ke Android. Ini mendukung Android versi 4.1 dan di atasnya. Kamu dapat mentransfer video, foto, pesan teks, musik, dan aplikasi ke ponsel LG baru Kamu.

Demikian pula, Kamu dapat menemukan aplikasi khusus produsen untuk mentransfer konten antara dua perangkat Android. Aplikasi ini mudah digunakan. Kamu bisa mendapatkan detailnya di situs web produsen atau toko produsen terdekat tentang aplikasi tersebut untuk transfer.

Kesimpulan

Sekarang Kamu tahu cara kirim aplikasi dari Android ke Android dengan bantuan berbagai aplikasi dan fungsi. Kamu dapat memilih cara yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kenyamanan Kamu. Panduan di atas menjelaskan semua kemungkinan cara kirim aplikasi dan data dari satu perangkat Android ke perangkat Android lainnya.

Jika Kamu ingin mentransfer satu atau dua aplikasi, Kamu dapat menggunakan fungsi bawaan Android seperti Bluetooth dan NFC. Sedangkan untuk transfer massal, sebaiknya gunakan aplikasi pihak ketiga atau opsi Google Backup and Restore. Kamu juga dapat mengunjungi toko produsen perangkat terdekat untuk membantu mentransfer data jika Kamu tidak nyaman dengan cara-cara di atas.

Tentang Adjie Prasetyo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *