Cara Konfigurasi Proxy Server

Cara Konfigurasi Proxy Server di Android

Logitekno.com Cara Konfigurasi Proxy Server di Android

Android adalah sistem operasi paling populer di dunia. Pada Mei 2019, Android men-tweet bahwa mereka telah mencapai 2,5 miliar pengguna aktif. Sementara banyak orang lebih memilih Android daripada Windows, kedua sistem operasi tersebut memiliki manfaat yang kuat.

Meskipun kami menyadari pentingnya melindungi privasi online kami, kami hanya dapat mengetahui sedikit tentang kemana data kami pergi saat kami melakukan pekerjaan online. Proxy Server adalah alat canggih yang membantu menjaga privasi kami tetap aman. Ini secara efektif menutupi lokasi IP kami untuk mencegah pelacakan tindakan online kami, dan bahkan membantu mendapatkan akses ke situs yang dibatasi secara geografis.

Ada banyak jenis proxy yang bisa Kalian gunakan di Android. Proxy SSL adalah proksi berbasis teknologi enkripsi yang melindungi transmisi data antara klien dan server. Proxy SSL lebih aman dan menjaga transmisi data tetap anonim.

Apa itu Proxy Server?

Proxy Server menyediakan Gerbang antara User dan internet. Proxy Server yaitu server yang berfungsi sebagai “penghubung/perantara”

Ketika PC Connect Di internet, dia menggunakan IP Adress. Ini mirip dengan alamat jalan rumah Kalian, memberi tahu data masuk ke mana harus pergi dan menKaliani data keluar dengan alamat pengirim untuk diautentikasi oleh perangkat lain. Proxy Server ini pada dasarnya ialah komputer di yang memiliki alamat IP nya sendiri.

Server Proxy dan Keamanan Jaringan

Proxy memberikan lapisan keamanan yang berharga untuk komputer Kalian. Proxy ini dapat di setting sebagai firewall atau filter web, yang memproteksi komputer mu dari ancaman-ancaman internet seperti virus/malware.

Keamanan ekstra ini juga berharga jika disatukan dengan gerbang/gate web. Dengan cara ini, Kalian dapat memfilter lalu lintas menurut tingkat keamanannya atau seberapa banyak lalu lintas yang dapat ditangani oleh jaringan—atau komputer individual Kalian.

Semua perangkat Android mengizinkan konfigurasi setelan proxy di Wi-Fi dan jaringan seluler. Kalian dapat mengakses mesin pencari dan banyak aplikasi menggunakan proxy. Tanpa memberi tahu siapa pun bahwa Kalian mengunjungi situs mereka, proxy mempermudah penelusuran saat Kalian melakukan pencarian online pribadi, pekerjaan, proyek sekolah, atau penelitian.

Sesuai kebutuhan, Kalian dapat mengonfigurasi Proxy Server baik melalui Wi-Fi atau jaringan seluler. Ikuti langkah-langkah ini untuk konfigurasi Android Kalian yang sederhana dan aman. Karena variasi dalam versi dan perangkat Android, perlu diingat bahwa beberapa langkah mungkin sedikit berbeda untuk Kalian. Jangan khawatir, hampir setiap perangkat memiliki pengaturan yang sama; hanya kata-kata atau langkah-langkahnya yang mungkin berbeda.

Cara Konfigurasi Proxy Server Dengan Wi-Fi

Buka pengaturan di perangkat Android Kalian dan pilih Wi-Fi:

Pilih Wi-Fi Kalian dan sambungkan ke jaringan Kalian.

  • Tekan lama pada jaringan Wi-Fi Kalian yang terhubung. Ketuk pada jaringan modifikasi. (Kalian tidak akan melihat hasil dengan menekan lama pada jaringan yang tidak terhubung.)
  • Ketuk opsi lanjutan. Kemudian ketuk untuk proxy.
  • Ketuk proxy manual. Kalian akan melihat opsi untuk “Proxy hostname”, “Proxy port”, dan “Bypass proxy for.” Kalian harus mengisi semuanya.
  • Isi “Proxy hostname” dan “Proxy port” dengan alamat yang bisa Kalian dapatkan dari Proxy Server. Jika Kalian ingin menggunakan proxy untuk Chrome, isi “Abaikan proxy untuk” dengan Chrome.com dan pisahkan situs dengan koma.
  • Ketuk simpan perubahan. Proxy Server Kalian telah berhasil diaktifkan.

Cara Menonaktifkan Proxy Dengan Wi-Fi

Ada dua metode untuk menonaktifkan proxy menggunakan Wi-Fi. Pertama, kembali ke opsi Proksi manual dan ketuk mati. Kedua, kembali ke opsi Proksi manual dan hapus informasi tambahan dari nama host Proxy, port Proxy, dan Bypass proxy for. Kemudian ketuk Proksi manual.

Cara Konfigurasi Proxy Server Dengan Jaringan Seluler

  • Buka pengaturan Kalian. Lalu pergi ke opsi Jaringan seluler.
  • Pilih opsi kartu sim Kalian di mana Kalian ingin mengkonfigurasi proxy. Di sana Kalian akan melihat banyak pilihan.
  • Ketuk opsi Nama titik akses (APN). Ketuk opsi APN yang saat ini digunakan.
  • Di sana Kalian akan melihat berbagai opsi seperti nama, proxy, port, server, PKS, dan lainnya.
    Isi “Proxy” dan “Port” dengan informasi dari penyedia proxy. Selain itu, isi “Nama Pengguna” dan “Kata Sandi” sesuai kebutuhan untuk membuka mesin pencari atau aplikasi.
  • Ketuk Simpan yang ada di kanan atas.
  • Untuk memeriksa, matikan data seluler dan buka kembali. Buka Chrome. Jika meminta nama pengguna dan kata sandi, itu berfungsi.

Cara Menonaktifkan Proxy Dari Jaringan Seluler

Kembali ke pengaturan APN yang sama. Hapus semua informasi yang ditambahkan sebelumnya secara manual. Hapus informasi tambahan (Proxy, Port, Nama Pengguna dan Kata Sandi). Ketuk Simpan. Proksi dinonaktifkan!

Bagaimana Mengetahui Apakah Proxy Berfungsi Atau Tidak

Buka Google Chrome dan cari ‘What’s my IP’ dan Kalian akan melihat alamat IP Kalian. Catat alamat IP Kalian sehingga Kalian dapat memeriksanya nanti untuk mengetahui tentang perubahan.

Konfigurasikan proxy di perangkat Android Kalian. Jika Kalian menggunakan internet dari WI-FI, konfigurasikan proxy menggunakan WI-FI. Jika Kalian menggunakan internet dari jaringan seluler, konfigurasikan proxy menggunakan jaringan Seluler.

Kembali ke Google Chrome. Periksa IP Kalian. Jika menunjukkan IP yang berbeda dari sebelumnya, berarti IP Kalian telah diubah.

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mengonfigurasi Proxy Di Android

  • Proxy menjaga alamat IP dan lokasi geografis Kalian tetap aman saat online. Ada banyak teknologi canggih untuk menemukan alamat IP asli saat Kalian menggunakan proxy. Itu aman tetapi tidak sepenuhnya tidak bisa ditembus.
  • Peretas yang gigih dapat melacak IP Kalian, meskipun itu tidak mudah. Kalian tidak dapat memperoleh akses ke setiap aplikasi menggunakan Proxy Server. Pengembang aplikasi memiliki izin untuk membatasi akses pengguna dengan proxy.
  • Saat melakukan pencarian online menggunakan proxy, data Kalian akan melalui Proxy Server terlebih dahulu, dan kemudian mengirim respons kembali melalui server kepada Kalian, menutupi identitas Kalian. Tetapi Kalian dapat memahami betapa pentingnya memilih penyedia proxy yang dapat dipercaya.
  • Kalian dapat memilih proxy pribadi atau publik. Proxy pribadi dibayar dan proxy publik gratis untuk semua orang. Proxy pribadi adalah layanan yang jauh lebih cepat dan lebih aman. Proxy publik bisa jadi tidak dapat diKalianlkan dan akan berisi berbagai iklan promosi.

Android menangani masalah keamanan dengan sangat serius. Proxy akan bekerja dengan lancar di mesin pencari; namun, mungkin ada kesulitan dengan beberapa aplikasi. Jika pengembang aplikasi belum mengizinkan pengguna untuk menggunakan Proxy Server, beberapa aplikasi tidak akan berfungsi. Kalian tidak boleh memaksa aplikasi apa pun untuk menggunakan Proxy Server. Kecuali untuk rooting, tidak ada opsi lain yang memungkinkan penggunaan proxy pada aplikasi semacam itu. Tetapi sebelum Kalian mempertimbangkan rooting, Kalian harus sepenuhnya mengetahui semua pro dan kontra sebelum mencobanya di perangkat Kalian.

Jika aplikasi tertentu tidak memberikan izin untuk mengakses menggunakan proxy, VPN bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk Kalian, Itu pasti akan menjadi pilihan yang lebih baik daripada me-rooting perangkat. Proxy dapat membantu Kalian mendapatkan akses ke situs terlarang dari lokasi Kalian. Itu juga dapat menjaga kecokelatan tetap bersih karena memblokir iklan yang tidak diinginkan dari situs web. Ini adalah cara yang baik untuk menjaga informasi pribadi dan aktivitas online tetap pribadi, aman, dan terlindungi.

Tentang Jindra Dongoran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *