Cara Mengoptimalkan dan Mempercepat Windows 10

Cara Mengoptimalkan dan Mempercepat Windows 10

Logitekno – Cara Mengoptimalkan Windows 10

Windows 10 memiliki keunggulan pembaruan otomatis. Pengguna memilih kapan harus menjalankannya. Beberapa pembaruan ini meningkatkan keamanan dan, terkadang, kinerja. Namun dalam jangka panjang , banyak pengguna, bahkan jika mereka secara teratur meluncurkan fungsi sistem pembaruan, menyesalkan penurunan kinerja: waktu startup ( “boot”) memanjang, aplikasi melambat, ketika mereka tidak berhenti sepenuhnya dan pergi sejauh memblokir komputer. Kita sering mendengar tentang “keusangan yang direncanakan”.

Cara Mengoptimalkan dan Mempercepat Windows 10

Selama pembaruan, PC mungkin perlu dihidupkan ulang beberapa kali. Jika sudah beberapa waktu sejak pembaruan terakhir Anda, disarankan untuk menjalankan fungsi Periksa pembaruan tambahan.

Operasi pemeliharaan masih dapat dilakukan secara manual. Untuk memulai, kita buka control panel, kita pilih System and security > Security and maintenance .

Pada menu Maintenance, klik panah bawah, lalu Start maintenance untuk memulai proses. Sebelumnya, Anda menyimpan semua file dan dokumen Anda saat Anda sedang menjalankan.

Dengan peningkatan beban yang kuat pada PC Anda, praktik pembaruan yang baik ini tidak akan selalu cukup untuk menjamin kinerja aslinya.

Tidak ada resep ajaib

Untuk melangkah lebih jauh, berikut adalah kumpulan tips dan trik Cara Mengoptimalkan Windows 10 PC-nya. Tapi, hati-hati, tidak ada resep ajaib – kecuali menginstal ulang semuanya, setelah berhati-hati untuk menyimpan konfigurasinya dan semua file yang berfungsi, dan setelah, jika mungkin, meningkatkan kapasitas RAM-nya (penambahan memori modul setidaknya 4 , atau bahkan 8 atau 16 GB) dan jika memungkinkan, sekali lagi, untuk memilih disk SSD, selalu lebih cepat daripada hard disk. Windows 10 sendiri membutuhkan memori hampir 4 GB. Dan prosesor quad-core minimum dianjurkan.

Selain konfigurasi perangkat keras yang tidak memadai, penyebab utama memperlambat PC sering kali adalah malware, file-file sementara.

Poin lain: PC yang terhubung ke listrik akan bekerja lebih baik daripada menggunakan baterai (karena tidak lagi dalam mode hemat energi). Oleh karena itu dilema yang sering dialami oleh para pelancong antara otonomi energi dan kinerja.

Nonaktifkan Mulai Otomatis Aplikasi

Rekomendasi pertama: periksa beban CPU Anda, yaitu permintaan pada prosesor dalam hal kapasitas. Ini akan memungkinkan untuk menilai keuntungan yang diperoleh dalam hal kinerja setelah menerapkan langkah-langkah pengoptimalan yang direkomendasikan di bawah ini. Jelas, kami akan memverifikasi realitas perolehan kinerja dengan membandingkan sebelum dan sesudah intervensi.

Untuk melakukan ini, kami memilih Performa di pengelola tugas: tampilan diagram waktu nyata, yang menunjukkan dalam persentase kapasitas yang digunakan CPU selama 60 detik: pada 100%, itu jenuh; sistem tidak bekerja sama sekali. Anda juga dapat menampilkan monitor sumber daya, dengan petunjuk menarik lainnya: kenaikan suhu.

Untuk mempercepat startup (atau “boot”), jika Anda tidak dapat mengubah hard disk menjadi disk SSD dan jika RAM berkurang, kami akan menggunakan kunci USB 3.0 sebesar 1 GB, atau kartu memori SSD eksternal.

Dengan fungsionalitasReadyBoost, Windows 10 akan menyimpan informasi di sana yang biasanya disimpan di hard drive. Waktu akses data menjadi jauh lebih cepat pada memori “flash” eksternal, startup akan “ditingkatkan” secara signifikan.

Blokir Aplikasi yang tidak penting

Pengaturan efektif lainnya adalah mencegah perangkat lunak yang tidak perlu dimulai secara otomatis saat perangkat dinyalakan. Kami akan mempertahankan peluncuran perangkat lunak yang diperlukan, seperti antivirus. Untuk juga menyimpan, kecuali dalam kasus khusus, perangkat lunak konektivitas (Wi-Fi, akses internet). Selebihnya, terserah semua orang untuk memilah: aplikasi mana – minimum – yang akan dimulai secara default.

Untuk memeriksa perangkat lunak mana yang dimulai secara otomatis, kami menonaktifkan mulai otomatis di daftar pengelola tugas (Crtl + Alt + Del): klik kanan diaktifkan / dinonaktifkan . Metode alternatif: pilih program yang diinginkan dengan klik kiri, lalu klik “Nonaktifkan”. Aplikasi berdampak tinggi diidentifikasi dengan istilah “Tinggi” di kolom “Dampak saat startup”.

Anda juga disarankan untuk menghapus perangkat lunak yang tidak digunakan sepenuhnya. Ini sering terjadi pada perangkat lunak tambahan, yang diunduh tanpa sepengetahuan Anda selama pengunduhan. Untuk menghapusnya, kita buka di Control Panel , tab Aplikasi> Aplikasi dan fungsionalitas: yang harus Anda lakukan adalah mengurutkan aplikasi berdasarkan tanggal pemasangan, untuk menentukan aplikasi yang sering atau jarang Anda gunakan. Kemudian klik Uninstall.

Di menu Pembersihan disk, kami akan secara teratur mengaktifkan perintah Bersihkan file sistem untuk mengosongkan “folder” tempat file-file sementara yang menumpuk dan menempati memori disimpan: thumbnail, file terkompresi, halaman web offline, dll. Anda dapat memilih untuk hapus file satu per satu untuk menyimpan yang paling banyak digunakan, paling berguna. Kami biasanya mulai dengan folder ” Unduhan. Di akhir operasi, Windows 10 melaporkan volume yang dibebaskan.

Jika Anda secara teratur menggunakan OneDrive, jelas bahwa kami tidak akan menghapus akses ke sana. Tapi kita bisa mengatur bandwidth jaringan. Dalam Hidup Pengaturan eDrive, pilih tab Jaringan lalu ubah opsi Tingkat unggah (“unggah” ke cloud) dan Tingkat unduhan (“unduh”), pilih Batasan (lebih besar atau sama dengan 50 KB / dtk). Jika ragu, gunakan opsi Sesuaikan secara otomatis.

Nonaktifkan memori virtual – jika memungkinkan

Secara default, Windows 10 mengaktifkan fungsi memori virtual yang digunakan saat memori akses acak fisik (RAM) penuh. Namun, dengan hard drive, penggunaan memori virtual ini menurunkan kinerja. Jadi jika seseorang memiliki kapasitas Largem RAMent yang cukup (minimal 8 GB), itu dapat dinetralkan: luncurkan di baris pencarian “Tampilkan parameter sistem lanjutan”. Di kotak dialog System properties, pilih tab Advanced lalu, di area “Virtual memory”: Modify . Dan hapus centang pada opsi Automatic management of the paging file for drives, lalu opsi No paging file dan OK.

Aplikasi tidak terlihat, di latar belakang

Beberapa perangkat lunak bekerja di latar belakang dan karenanya tidak terlihat. Namun, mereka mengkonsumsi RAM. Untuk menonaktifkannya, pilih ikon Sistem (roda bergigi) di menu Mulai. Kemudian Kerahasiaan. Di menu yang bagian disebelah kiri, di aplikasi Latar Belakang, Anda harus menonaktifkan fungsi Izinkan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Dimungkinkan untuk melakukan ini secara keseluruhan, tetapi lebih baik membatasinya pada aplikasi tertentu – yang akan dicatat dan yang akan dipelajari (melalui pencarian internet). Jika ragu, karena itu disarankan untuk meninggalkan Diaktifkan (posisi biru).

Perhatikan di sini bahwa browser web (Chrome, Edge, Firefox, Opera) menghabiskan banyak sumber daya (RAM, prosesor), terutama jika Anda membiarkan banyak halaman web terbuka. Karena itu kami akan memburu “ekstensi” atau “modul tambahan” yang tidak perlu. Di Chrome, misalnya, klik Alat lainnya di menu (tiga titik vertikal, kanan atas), lalu di Ekstensi : nonaktifkan (saklar biru) atau cukup hapus untuk mencopot pemasangan.

Nonaktifkan efek visual

Efek visual atau estetika yang diperkenalkan di Windows 10, dalam mode Mac – animasi kecil, sudut membulat, efek bayangan di sekitar jendela, dll. – keren tetapi menghabiskan sumber daya prosesor. Untuk menonaktifkannya, Anda perlu menjalankan pencarian Adjust Windows Appearance and Performance , lalu Performance Options dan Disable . Anda juga dapat menyimpan efek tertentu menggunakan fungsi Kustom: Anda memilih secara manual dengan mengonfirmasi OK dan Terapkan .

Perhatikan bahwa efek transparansi pada fungsi tertentu (misalnya pada bilah tugas) menghabiskan banyak sumber daya. Untuk mematikannya, ketik “Tampilkan transparansi di Windows” di bilah pencarian. Kursor muncul yang Anda arahkan ke “Off” untuk latar belakang, untuk layar kunci, untuk menu mulai, dll.

Optimalkan “perangkat keras” suara, gunakan SSD

Windows 10 menyertakan program defragmentasi hard drive-nya sendiri, yang beroperasi secara otomatis secara default. Ini terdiri dari rekonsiliasi blok file yang tersebar di disk. Pembacaan file dengan demikian dipercepat. Prosedur ini selalu dapat dipanggil dari file explorer: klik kanan pada volume untuk defragment lalu properties> optimasi . Operasi pengoptimalan ini tidak berlaku untuk disk SDD (solid state drive).

Ini mengarah untuk merekomendasikan, jika memungkinkan, untuk mengubah hard disk Anda menjadi disk SDD (dari 2, 5 atau 3,5 inci, tergantung pada ruang yang ada). Performanya akan selalu jauh lebih tinggi daripada hard drive. Pemasangan disk SDD ini tidak selalu mudah atau mungkin dilakukan pada beberapa laptop atau notebook. Pemula akan memanggil seorang profesional (kasus komponen yang disolder ke motherboard atau konektor non-standar).

Untuk menyalin konten hard drive ke SSD baru, Anda perlu menggunakan perangkat lunak (gratis) seperti Clonezilla atau Macrium Reflect Free.

Akhirnya, mari kembali ke ukuran kunci: tambahkan RAM, dalam bentuk strip, hingga mencapai setidaknya 8 GB, atau bahkan dua kali lipat. Dengan sedikit diperingatkan, Anda dapat melakukannya sendiri. Untuk mengetahui slot yang tersedia pada motherboard Anda dan jenis RAM (misalnya DDR4), Anda harus mengklik Performance di task manager (Crtl + Alt + Del). Jika Anda tidak merasa sanggup melakukannya, seorang profesional akan melakukannya dengan beberapa puluh dolar.

Sebagai upaya terakhir, instal ulang atau “reset” Windows 10

Jika setelah semua tindakan Cara Mengoptimalkan Windows 10 ini dan, peningkatannya belum terlihat – dan sebelum Anda memutuskan untuk mengganti PC Anda – Anda dapat meluncurkan prosedur radikal, yang dapat berlangsung selama puluhan menit atau bahkan Lebih dari satu jam. Ini terdiri dari mengatur ulang seluruh instalasi Windows 10; Artinya, pemformatan ulang lengkap, dengan penghapusan instalasi semua aplikasi.

Sebelum memulainya, pastikan untuk mencadangkan semua data dan konfigurasi Anda. Dan kami akan tetap dekat, dalam fileier yang dilindungi yang akan dicetak di atas kertas, semua kode lisensi dan kata sandi administrator, dll. Penting untuk menginstal ulang dan memulai ulang perangkat lunak utama (berbayar atau tidak): antivirus, perpesanan, aplikasi bisnis, akses ke “drive” eksternal di cloud, dll.

Untuk meluncurkan operasi radikal dan rumit ini ( oleh karena itu, jika ragu, hubungi pro), pilih, di menu Sistem ( bergigi tumit), Perbarui dan keamanan> Pemulihan . Kemudian di bagian Reset this PC dan perintah Start. Anda dapat menyimpan file pribadi – kecuali jika kamu berencana untuk memberikan komputer tersebut kepada orang lain. Dan kamu harus bersabar…

Tentang Gaiman Hutagalung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *