Komputer Berisik, Apa Yang Harus Dilakukan?

Komputer Berisik – apa yang harus dilakukan?

Hai sobat Logitekno, Pada artikel ini, kita akan membicarakan tentang apa yang harus dilakukan jika komputer desktop Kalian keras dan berdengung seperti penyedot Debu-debu, berderit, atau mengeluarkan suara. Kami tidak akan membatasi diri pada satu poin, yaitu membersihkan Debu-debu dari komputer Kalian, meskipun itu adalah yang utama: kita juga akan berbicara tentang cara melumasi bantalan kipas, kenapa hard drive Kalian bisa bergetar dan di mana logam suara gemeretak berasal. .

Di artikel sebelumnya, kami sudah menulis cara membersihkan laptop, jika ini yang Kalian butuhkan, ikuti saja tautannya. Informasi yang disajikan di sini berlaku untuk komputer desktop.

Penyebab Komputer Berisik

Debu-debu yang menumpuk pada casing komputer merupakan faktor utama penyebab komputer Berisik . Namun, seperti sampo yang baik, bedak bekerja dengan dua cara:

Debu-debu yang menumpuk pada bilah kipas (pendingin) bisa menyebabkan Berisik dengan sendirinya, karena bilah “bergesekan” dengan casing, tidak bisa berputar dengan bebas.

Karena Debu-debu merupakan hambatan utama untuk menghilangkan panas dari komponen seperti CPU dan kartu grafis, kipas mulai berputar lebih cepat, meningkatkan tingkat keberisikan. Kecepatan lemari es di sebagian besar komputer modern secara otomatis disesuaikan dengan suhu komponen yang akan didinginkan.

Kesimpulan apa yang bisa ditarik dari ini? Kita harus menyingkirkan Debu-debu di komputer.

Catatan: Ada kalanya komputer yang baru Kalian beli berisik. Dan sepertinya itu tidak terjadi di toko. Kalian mungkin meletakkannya di tempat di mana ventilasi tersumbat atau di dekat radiator. Kemungkinan penyebab Komputer Berisik lainnya adalah beberapa kabel di dalaman komputer mulai mendapat bagian pendingin yang berputar.


Cara Mengatasi Komputer Berisik

Bersihkan komputer dari Debu-debu

Tekno Advisor akan merekomendasikan melihat dalaman komputer setidaknya sekali setiap enam bulan, karena efek samping dari Debu-debu tidak hanya Berisik, tetapi juga komputer mati secara tiba-tiba, kesalahan saat bekerja dengan RAM yang terlalu panas, serta sebagai penurunan kinerja secara umum.

  • Sebelum memulai.

Jangan buka komputer sampai Kalian melepaskan daya dan semua kabel ke komputer: kabel periferal, monitor dan televisi yang tersambung, dan, tentu saja, kabel daya. yang poin terakhir ini wajib: jangan bersihkan Debu-debu dari komputer dengan kabel power yang tersambung.

Setelah ini selesai, kami akan merekomendasikan untuk memindahkan unit sistem ke tempat yang yang memiliki ventilasi baik, di mana awan Debu-debu tidak terlalu menakutkan – jika itu adalah rumah pribadi, garasi akan melakukannya, jika itu adalah apartemen biasa, balkon bisa menjadi pilihan yang baik. Terutama menyangkut kasus-kasus ketika ada seorang anak di rumah – dia (dan tidak ada seorang pun) tidak boleh bernapas yang menumpuk dalam kasus PC.

  • Alat apa yang akan dibutuhkan

Kenapa kami berbicara tentang awan Debu-debu? Karena, secara teori, Kalian bisa menggunakan penyedot Debu, membuka komputer, dan menghilangkan semua Debu-debu. Faktanya adalah kami tidak akan merekomendasikan metode ini, meskipun cepat dan nyaman. Dalam hal ini, ada kemungkinan (walaupun kecil) pelepasan listrik statis dari komponen motherboard, kartu video, atau bagian lain, yang tidak selalu berakhir dengan baik. Jadi jangan malas membeli sekaleng udara terkompresi (Kalian bisa membelinya di toko elektronik atau perangkat keras). Juga, bekali diri Kalian dengan tisu kering untuk membersihkan Debu-debu dan obeng Phillips. Klem plastik dan pasta termal juga bisa berguna jika Kalian serius.

Membongkar komputer

Casing komputer modern sangat mudah dibongkar: sebagai aturan umum, cukup buka dua sekrup di sisi kanan (dilihat dari belakang) unit sistem dan lepaskan penutupnya. Dalam beberapa kasus, obeng tidak diperlukan: kait plastik digunakan sebagai pengencang.

Jika ada bagian yang terhubung ke panel samping, seperti kipas tambahan, Kalian harus mencabut kabel untuk melepaskannya sepenuhnya. Hasilnya akan kurang lebih seperti yang Kalian lihat pada gambar di bawah ini.

Untuk memudahkan proses pembersihan, alangkah baiknya lepaskan komponen yang mudah dilepas: modul RAM, kartu grafis, dan hard drive. Jika Kalian belum pernah melakukan sesuatu seperti itu, tidak ada yang terjadi, itu sangat mudah. Cobalah untuk tidak melupakan apa dan bagaimana itu bisa terhubung.

Jika Kalian tidak tahu cara mengganti pasta termal, kami tidak menyarankan Kalian melepas CPU dan pendinginnya. Kami tidak akan berbicara tentang cara mengganti pelumas termal dalam tutorial ini, dan menghapus sistem pendingin CPU berarti Kalian harus melakukannya nanti. Dalam kasus di mana Kalian hanya perlu menghilangkan Debu-debu di komputer Kalian, tindakan ini tidak diperlukan.

Pembersihan

Pertama, ambil sekaleng udara bertekanan dan bersihkan semua komponen yang baru saja Kalian lepaskan dari komputer. Saat membersihkan pendingin kartu video, kami sarankan untuk memperbaikinya dengan pensil atau benda serupa untuk menghindari memutar aliran udara. Dalam beberapa kasus, Kalian harus menggunakan tisu kering untuk menghilangkan Debu-debu non-serpihan. Perhatikan baik-baik sistem pendingin kartu grafis: kipasnya bisa menjadi salah satu sumber utama Komputer Berisik.

Setelah Kalian selesai dengan memori, kartu grafis, dan perangkat lain, Kalian bisa beralih ke casing itu sendiri. Perhatikan semua slot pada motherboard.

Mirip dengan membersihkan kartu grafis, saat membersihkan pendingin CPU dan kipas catu daya, amankan agar tidak berputar, dan gunakan udara bertekanan untuk mengeluarkan Debu-debu yang terkumpul.

Kalian juga akan menemukan lapisan Debu-debu pada logam kosong atau dinding plastik kotak. Kalian bisa menggunakan kain untuk membersihkannya. Perhatikan juga kisi-kisi dan slot port pada sasis, serta port itu sendiri.

Setelah Kalian selesai membersihkan, pasang kembali semua komponen yang dilepas ke tempatnya dan sambungkan “sebagaimana adanya”. Kalian bisa menggunakan ikatan zip untuk menyortir kabel.

Setelah selesai, Kalian harus menbisakan komputer yang tampak seperti baru di dalamnya. Kemungkinan besar, ini akan membantu Kalian memecahkan masalah Komputer Berisik Kalian.

Penyebab umum lainnya dari keberisikan adalah suara getaran. Dalam kasus ini, Kalian cenderung mendengar suara berderak dan Kalian bisa mengatasi masalah ini dengan memastikan bahwa semua komponen casing dan komputer itu sendiri, seperti dinding unit sistem, kartu grafis, catu daya, drive disk dan hard drive terpasang dengan aman. Bukan satu sekrup, seperti yang sering terjadi, tetapi satu set lengkap, dengan jumlah lubang pemasangan.

Juga suara-suara aneh bisa disebabkan oleh lemari es, yang perlu dilumasi. Kalian bisa melihat cara membongkar dan melumasi bantalan kipas kulkas secara umum pada diagram berikut. Namun, sistem pendingin yang lebih baru mungkin memiliki desain kipas yang berbeda dan panduan ini tidak akan berfungsi.

Retak pada hard drive

Nah gejala terakhir dan paling tidak menyenangkan adalah suara aneh dari hard drive. Jika sebelumnya berperilaku tenang, tetapi sekarang mulai berderit, selain kadang-kadang Kalian mendengarnya membuat suara klik dan kemudian sesuatu mulai berdengung samar, menambah kecepatan – kami mungkin tidak menyukai Kalian, cara terbaik untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan pergi sekarang dan bisakan hard drive baru sebelum Kalian kehilangan data penting, karena akan membutuhkan biaya lebih dari hard drive baru untuk memulihkan sesudahnya.

Namun, ada nuansa: jika gejala yang dijelaskan terjadi, tetapi disertai dengan keanehan saat menghidupkan dan mematikan komputer (tidak menyala dari pertama kali, menyala dengan sendirinya saat dicolokkan ke stopkontak), maka ada adalah kemungkinan bahwa semuanya masih baik-baik saja dengan hard drive Kalian (walaupun Kalian bisa mengacaukannya seperti itu pada akhirnya), dan alasannya adalah masalah dengan catu daya Kalian – tidak cukup daya atau kegagalan PSU secara bertahap.

Kami pikir kami menyebutkan segala sesuatu tentang komputer yang Berisik. Jika kami lupa sesuatu, silakan posting di komentar, informasi tambahan yang bermanfaat tidak ada salahnya.

Tentang Bala Marpaung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *