Apa itu Hosting

Apa itu Hosting : Manfaat, Kelebihan dan kekuranganya

Apa itu Hosting – Apa Kamu awalannya pernah membuat website atau website? Jika pernah Kamu tentu kenal dengan istilah hosting. Untuk yang belum mengenal istilah ini, kami akan menjelaskan dengan singkat terkait apa itu hosting. Layanan itu yakinkan bila website dapat dipertunjukkan melalui internet.

Apa itu Hosting? dan Apa sebenarnya hubungan antara website dan hosting? Dan mengapa keutamaan sebuah domain pada halaman website? Semua pertanyaan itu akan dijawab pada artikel kali ini. Untuk kepentingan usaha, setiap perusahaan banyak yang gunakan paket hosting supaya bisa mengurusi website dengan baik dan dikenal oleh pengguna (pengguna) di internet.

Baca Juga :   Public Cloud : Pengertian, Kelebihan dan Kekuranganya

Pengertian Hosting

Hosting adalah sebuah layanan online yang digunakan untuk simpan data website atau aplikasi oleh pengguna dan dipertunjukkan melalui lewat internet. File website yang diletakkan dalam hosting berupa gambar, script, video, email, aplikasi, dan database (pangkalan data). Saat Kamu menggunakan jaringan internet dan akan tersambung sebuah website, karena itu hal yang pertama Kamu lakukan adalah tulis nama domain atau kata kunci tertentu pada halaman mesin pencari seperti Google.

Jika Kamu masih ragu, kami akan menganalogikan website sebagai bangunan rumah. Di mana, hosting berperan sebagai tanah bangunan. Dan domain dan IP (Internet Protocol) sebagai alamat rumah itu. Karena itu, fungsi dari domain adalah memberikan identitas ke satu website agar tidak ada duplikasi dan personalitasnya pasti unique. Karena itu, arah penggunaan hosting untuk simpan informasi dan data yang dipunyai oleh sebuah website.

Baca Juga :   Wordpress Hosting : Pengertian, Kelebihan dan Kekuranganya

Fungsi Hosting

Hosting memiliki banyak kegunaan yang dapat Kamu pakai terkait dengan kenaikan website untuk kepentingan individu atau company atau perusahaan. Berikut sebagai beberapa fungsi dari penggunaan hosting, satu diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Membuat Halaman Website

Yang pertama, sudah tentu digunakan untuk membuat suatu website yang di dalamnya taruh banyak informasi dan dokumen terkait pengguna atau usaha. Sampai, dengan menggunakan paket hosting, karena itu halaman website Kamu akan dipertunjukkan di mesin perayap supaya dicapai oleh beberapa pengunjung melalui internet.

Baca Juga :   Inilah Rekomendasi Hosting Bagus Stabil Handal Saat Ini!

2. Tingkatkan Peforma Website Jual Membeli Online

Jika Kamu ingin membuat website toko online atau sering disebut dengan e-commerce, Kamu harus menggunakan hosting agar setiap informasi yang Kamu masukkan dapat terindeks dan dibaca oleh mesin pencari. Kenaikan website toko online mampu untuk hadirkan customer secara besar dan website Kamu semakin dikenal oleh publik.

3. Membuat Email Profesional

Fungsi yang ketiga , untuk membuat email profesional atau lebih dikenal dengan email perusahaan atau domain Kamu sendiri. Tujuannya tentu untuk tambahkan kredibilitas usaha Kamu dan terlihat makin kapabel. Misalnya saja support@nama_domain_anda.com, sebelum membuat email itu optimis Kamu telah memiliki domain dan hosting.

Baca Juga :   Membuat Server Hosting Sendiri dengan Speedy dan Mikrotik : Mudah Banget!

4. Mampu Membuat pelindungan Website dengan SSL

Fungsi yang terakhir adalah membuat pelindungan website dari serangan malware, virus, diindikasi serangan DDOS atau diserang spam. Karena itu karena ada dukungan hosting, Kamu dapat memasang SSL (Secure Socket Layer) supaya website Kamu makin aman dan optimal.

Jenis – Jenis Web Hosting

Setelah membahas terkait beberapa fungsi yang dimiliki, selanjutnya masuk pada topik berkenaan jenis – jenis dari Web hosting.

1. Cloud Based Hosting

Cloud based hosting sebagai paket yang saat ini paling banyak dicintai karena tidak memiliki downtime. Cloud hosting menggunakan satu barisan server dengan file dan resource yang direplikasi pada setiap server. Karena itu, saat satu diantaranya server Kamu ribet, karena itu otomatis trafik situs Kamu akan di-route ke server yang lain di suatu klaster.

Baca Juga :   Control Panel Hosting : Penjelasan, Pengertian, Contoh dan Fungsinya

2. Dedicated Hosting

Dedicated hosting sebagai paket server yang pasarkan kontrol maksimal atas layanan hosting yang digunakan pada website Kamu. Untuk penggunaannya sendiri cukup fleksibel, selain mampu jalankan antara proses operasi dengan software yang akan digunakan.

3. Shared Hosting

Shared hosting adalah jenis paket hosting tradisional yang membagi satu server untuk beberapa pengguna berbeda, sama sesuai kepentingan server. Keunggulan pada layanan iniadalah harga yang bisa dicapai dan sangat cocok untuk lakukan website sederhana atau website website.

Baca Juga :   Dedicated Hosting : Pengertian, Kelebihan dan Kekuranganya

4. VPS Hosting

Virtual Private Server atau VPS hosting adalah gabungan atau titik tengah antara dedicated dan Cloud hosting. Di mana, pengguna dapat menggunakan fungsi yang sama dengan dedicated server dengan harga sama dengan paket cloud hosting. VPS hosting sangat cocok digunakan untuk kepentingan website yang mempunyai traffic yang tinggi.

5. WordPress Hosting

Dan jenis yang terakhir adalah WordPress hosting, sebagai bentuk lain dari paket shared hosting yang diperkirakan khusus untuk pengguna WordPress. Server ini telah dilengkapi dengan fitur pre-installed plugin dengan formasi yang cukup optimal. Paket ini biasanya siapkan fitur tambahan seperti topik, pre-designed, drag-and-drop page builder, dan tool developer yang lebih detail.

Baca Juga :   Mengenal Apa Itu Hybrid Cloud : Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

Cara Kerja

Cara kerja dari paket hosting dimulai dari sebuah perusahaan layanan hosting yang siapkan ruang server yang taruh asset dan data untuk kepentingan website. Ketika berada pengguna yang tulis nama domain website di browser, karena itu host itu akan mengirimi file yang diperlukan untuk tersambung website itu.

Sudah pasti dalam pemakaian hosting bayar biaya sewa setiap bulannya. Jika Kamu bayar on time, karena itu layanan server akan mudah untuk dicapai dan dapat berperanan dengan baik tanpa permasalahan terkait jaringan dan beberapaya.

Baca Juga :   VPS Hosting : Pengertian, Kelebihan dan Kekuranganya

Jadi Apa itu Hosting?

Apa yang diartikan dengan hosting? jadi pokoknya Dengan singkat, pengertian hosting adalah tempat untuk taruh file atau data website agar dicapai oleh sebagian orang di internet.

Sementara, domain adalah alamat website yang akan tujukan pengunjung ke website Kamu.

Setelah pahami dengan pengertian hosting dan domain, Kamu bisa pesan di layanan penyedia hosting. Eits, tapi tetapkan layanan hosting jangan sembarangan ya. Salah-salah, website Kamu malah sering down, lelet, dan tidak aman.

Baca Juga :   Private Cloud : Kelebihan Kekurangan dan Cara Kerjanya

Optimis Kamu mencari layanan hosting yang sediakan:

  • Server hosting berkualitas – memberi dukungan kecepatan, stabilitas, dan keamanan website. Misalnya, menggunakan LiteSpeed website server, Imunify360, dan data center hebat.
    Jaminan uptime – sebagai jaminan website akan terus online. Semakin tinggi uptime semakin berkualitas hosting.
  • Fitur keamanan terbaik – dilindungi fitur hebat seperti Imunify360 untuk menahan virus malware dan serangan hacker yang lain.
  • SSL gratis – untuk tambahkan keamanan website dan dapat dipasang dengan mudah.
  • Dukungan 24 jam – kontributor tim CS 24 jam nonstop untuk membantu tangani persoalan website Kamu melalui live chat, WA, atau telepon.
    Backup file secara teratur – kerjakan backup harian untuk meredam ada kehilangan data.
  • Garansi uang kembali – Kamu bisa sampaikan pengembalian uang jika hosting yang Kamu pesan tidak tepat.
Baca Juga :   Shared Hosting : Pengertian, kelebihan dan kekuranganya

Rangkuman

Hosting adalah proses layanan online untuk mengurusi sebuah website oleh pengguna untuk dipertunjukkan melalui media internet.

Fungsi khusus dari penggunaan hosting adalah mampu tingkatkan bermacam website, membuat email profesional, dan membuat pelindungan website dengan kontributor SSL.

Ada beberapa jenis website hosting, satu diantaranya adalah cloud based, dedicated, shared, VPS, dan WordPress hosting.

Nach itu ya gaes ulasan kita ini kali untuk kamu yang bertanya Apa itu Hosting / Hosting Adalah / Pengertian Hosting / Hosting Artinya. barusan juga kita ulas berkenaan fungsi, faedah dan cara kerjanya. mudah-mudahan artikel ini menolong dan berguna ya gaes! sampai jumpa!

Tentang administrator

Check Also

Membuat Server Hosting Sendiri dengan Speedy dan Mikrotik

Membuat Server Hosting Sendiri dengan Speedy dan Mikrotik : Mudah Banget!

Membuat Server Hosting Sendiri dengan Speedy dan Mikrotik – Di bawah ini Gue berbagi sedikit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *