Shared Hosting

Shared Hosting : Pengertian, kelebihan dan kekuranganya

Shared Hosting – Halo sahabat !. Kamu kemungkinan kerap atau mungkin tidak pernah dengar atau mendapati kata Hosting, umumnya dari kamu berasa asing dan tidak paham apa itu hosting. Apa lagi kamu yang tidak bekerja atau menekuni di dunia internet.

Hosting adalah sebuah istilah untuk jasa persewaan sebuah server yang dipakai untuk website/situs atau juga bisa untuk email. Selainnya itu hosting dapat mengurus data dari sebuah situs atau aplikasi berbasiskan web oleh pemakainya itu sendiri, file website atau aplikasi itu akan disimpan dalam database hosting itu sendiri.

Selainnya itu fungsi hosting tidak cuma untuk membikin halaman website, kamu dapat meningkatkan situs marketplace kamu sampai membuat email professional. Tetapi memang bila ingin mendapatkan feature penuh dari sebuah layanan hosting kamu harus bayar biaya sewa server dimulai dari /minggu, /bulan sampai /tahun dengan biaya yang tidak sama bergantung di mana kamu menggunakan layanan hosting.

Selainnya itu buat kamu yang belum sanggup beli server/hosting sendiri, kamu dapat manfaatkan Shared Hosting di mana kamu akan share hosting dengan pemakai yang lain hingga pasti untuk harga juga  lebih murah.

Lalu sebetulnya apa itu Shared Hosting ? dan apa kelebihan dan kekurangannya, bila kamu ingin tahu kamu bisa membaca pembahasan dari kami ini.

Baca Juga :   Public Cloud : Pengertian, Kelebihan dan Kekuranganya

PENGERTIAN SHARED HOSTING

Shared Hosting adalah, sama dengan namanya yakni share hosting ke sejumlah pemakai yang maknanya beberapa pemakai itu memakai satu server yang sama dan beberapa pemakainya memekai service yang sama dari server itu.

Shared Hosting ini sangat terkenal di dunia sampai shared hosting ini dikira sebagai hosting biasa oleh orang – orang, hingga bila ada bertanya mengenai hositng pasti diberitahu mengenai shared hosting itu sendiri.

Buat kamu masih bimbang atau mungkin tidak pahami cara kerja dari shred hosting itu sendiri kamu bisa membayankan rumah kost yang mempunyai kamar banyak tetapi untuk kamar mandi yang digunakan bersama. Nach bila ada pemakai yang menggunakan kamar mandi itu terlampau lama karena itu itu kan mengusik atau menghalangi aktivitas pemakai yang lain.

Layanan ini sangat pas dipakai untuk website/situs kamu yang belum mempunyai trafik terlampau tinggi atau dapat disebutkan jumlah pengunjung ke situs kamu masih terhitung sedikit. Argumen ini sangat logis untuk pemilik situs baru untuk memakai layanan shared hosting, karena belum tingginya trafik dan harga dari hosting bersama ini termasuk murah karena dipakai bersama – sama dengan pemakai yang yang lain juga.

Karena digunakan oleh beberapa account/pemakai karena itu tentu saja ada kelebihan dan kekurangan dari shared hosting itu sendiri. Karena itu dari itu kami akan memberi beberapa kelebihan dan kekurangan dari layanan ini supaya kamu pahami dan bisa tentukan akan menggunakan layanan ini atau mungkin tidak.

Baca Juga :   Wordpress Hosting : Pengertian, Kelebihan dan Kekuranganya

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SHARED HOSTING

1. Kelebihan Shared Hosting

Tentu saja shared hosting mempunyai beberapa kelebihan karena jenis hosting ini sangat di meminati di dunia. Karena itu dari itu kami beri beberapa kelebihan dari Shared Hosting.

Baca Juga :   VPS Hosting : Pengertian, Kelebihan dan Kekuranganya

Harga Murah

Karena jumlahnya account yang menggunakan server yang sama karena itu pasti harga lebih murah bila dibandingkan dengan decitaded hosting. Ditambah dengan feature yang di pasarkan lumayan komplet.

Mudah Untuk Pemula

Layanan ini sangat mudah dipakai oleh pemula, kita tak perlu menguasai bahasa pemograman untuk operasionalisasinya karena tiap feature atau service telah disiapkan oleh penyedia hosting.

Pre-Configure Server

Bila kamu memekai layanan ini karena itu kamu tak perlu lakukan komposisi pada server kamu, karena telah di komposisi oleh faksi penyedia. Hingga kamu tak perlu ribet dan pusing untuk konfiguarsi server.

Baca Juga :   Mengenal Apa Itu Hybrid Cloud : Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

Akeses ke Control Panel

Argumen ini yang membuat layanan ini jadi sangat terkenal karena pemakai akan sangat mudah terhubung control panel untuk manfaatkan feature yang disiapkan, Contoh, seperti meng-install CMS, mengunggah file dan ada banyak yang yang lain.

Tidak Perlu Pemeliharaan dan Administrasi Server

Kelebihan ini sangat mempermudah untuk yang baru memulai karena untuk pemeliharaan dan masalah adminsitrasi sever akan dilakukan oleh penyedia hosting, jadi pemakai tak perlu ribet untuk lakukan pemeliharaan sendiri.

Baca Juga :   Cara Membuat Hosting Sendiri di Laptop / PC / Komputer

Kekurangan Shared Hosting

Selainnya semua kelebihan dan keringanan yang diberi oleh layanan hosting bersama, ada pula beberapa kekurangan dari layanan itu. karena itu dari itu kami akan beri beberapa kekurangan dari layanan ini menjadi bahan pemikiran untuk kamu yang ingin menggunakan layanan shared hosting.

Baca Juga :   Private Cloud : Kelebihan Kekurangan dan Cara Kerjanya

Periksa ke Server Terbatas

Penyedia layanan ini tidak memberi banyak ruang untuk akses ke server, membuat pemakai periksa ke server sangat terbatas. Hal itu muncul karena menang penyedia shared hosting yang mempunyai akes penuh pada server.

Berpontensi Jatuh atau Overload

Jatuh bisa terjadi kapan pun disebabkan karena layanan ini banyak memiliki pemakai pada sebuah server, yang maknanya bila kebanyakan situs atau aplikasi lain yang jalan dalam server yang kamu pakai hal itu bisa mengakibatkan jatuh.

Baca Juga :   Apa itu Hosting : Manfaat, Kelebihan dan kekuranganya

Lalu bila ada sebuah situs yang sedang mempunyai trafik sangat tinggi sampai overload membuat situs lain yang ada di sever yang sama akan mendapatkan kan efeknya.

Keamanannya Kurang Terjaga

Layanan ini pakai oleh beberapa pemakai pada sebuah server, tentunya hal itu mempunyai potensi berlangsungnya penyimpangan akses, dan data – data yang disimpan dalam server bisa tercuri oleh pemakai lain. Apa lagi bila kamu mempunyai situs marketplace dan menggunakan layanan ini sangat riskan bocornya data – data dari pelanggan kamu.

Selainnya Shared Hosting ada pula jenis – jenis layanan hosting yang lain misalnya :

Baca Juga :   Cara Mengetahui Name Server Hosting

KESIMPULAN

Bila kamu ingin membuat suatu situs atau aplikasi berbasiskan web baru dan memerlukan hosting, kamu bisa memakai layanan shared hosting selainnya harga yang murah kamu akan memperoleh kelebihan yang telah kami terangkan di atas.

Selainnya itu sekarang ini telah sangat banyak penyedia layanan hosting dengan harga yang murah dan feature – feature yang dijajakan. Membuat kamu sebagai pemula tak perlu lagi kewalahan cari layanan hosting murah.

Tetapi lepas dari keringanan dan kelebihahnnya kamu harus juga memerhatikan kekurangan yang sudah kami terangkan di atas, apa lagi masalah keamanan data kamu betul – betul harus jaga data kamu aman.

Tetapi kembali lagi ke kaliang, gunakalah layanan hosting sama sesuai keperluan kamu dan masih tetap lihat dan cari info penyedia layanan hosting yang terpacaya. Karena saat ini telah sangat banyak penyedia layanan hosting denga harga murah tetapi belum pasti paling dipercaya.

Tentang administrator

Check Also

Membuat Server Hosting Sendiri dengan Speedy dan Mikrotik

Membuat Server Hosting Sendiri dengan Speedy dan Mikrotik : Mudah Banget!

Membuat Server Hosting Sendiri dengan Speedy dan Mikrotik – Di bawah ini Gue berbagi sedikit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *