VPS Hosting

VPS Hosting : Pengertian, Kelebihan dan Kekuranganya

VPS Hosting – Halo sahabat Logitekno. Saat kamu akan membuat suatu website, apa lagi bila website itu dipakai untuk mendukung kepentingan usaha kamu, tentunya kamu ingin mempunyai hosting yang terbaik supaya semua masalah yang ditangani dalam website kamu bisa jalan secara lancar.

Karena itu, kemungkinan sebagian dari kamu ada yang sedang memperimbangkan untuk memakai VPS Hosting, untuk kepentingan website kamu.

Tetapi saat sebelum itu, seharusnya kamu pahami lebih dulu apa itu VPS Hosting lalu kelebihan dan kekuranganya supaya kamu bisa ketahui jika VPS adalah hosting yang terbaik sama sesuai keperluan Kalian.

Baca Juga :   Cara Membuat Hosting Sendiri di Laptop / PC / Komputer

PENGERTIAN VPS HOSTING

Virtual Private Server Atau VPS adalah server virtual yang mempunyai resource sendiri dan server ini cuman dipakai oleh satu pelanggan saja.

Mengapa dapat disebutkan dengan server virtual ? karena VPS Hosting memakai tehnologi virtualisasi pada satu server fisik yang bisa dipisah jadi beberapa mesin virtual atau mekanisme virtual.

Karena pembagian ini memungkinkannya beberapa VPS yang ada pada sebuah server fisik bisa menjalan mekanisme operasi dan aplikasi yang berlainan sama sesuai pelanggan dan keperluan masing – masing.

Harus harus diingat VPS Hosting bukan sebuah server individu dengan 1 server fisik tetapi layanan ini adalah kelompok beberapa Server Virtual yang ada pada sebuah server fisik. Dan resource yang bisa dipakai dan ditata secara berdikari tanpa memengaruhi atau mengusik VPS yang lain.

Untuk kamu yang masih bimbang dengan cara kerja, misalkan saja seperti apartement. Gedung Apartement itu adalah server fisik dan unit – unit yang ada di dalamnya adalah VPS. Tiap penghuni ada pada sebuah gedung tetapi mereka kewenangan penuh pada unit mereka, dan apa saja yang dilaksanakan di unit mereka tidak memengaruhi unit yang lain.

Baca Juga :   Dedicated Hosting : Pengertian, Kelebihan dan Kekuranganya

Layanan ini sebetulnya bisa disebutkan mempunyai ide dasar yang hampir serupa dengan Shared Hosting, karena mereka sama – sama share satu server fisik dengan pemakai yang lain.

Ketidaksamaanya adalah bila Shared Hosting tidak memakai virtualisasi hingga resource-nya tidak memiliki sifat private / individu yang membuat semua pemakai sama-sama share dan menggunakan resource yang sama dan bentang terserang imbas dari pemakai yang lain.

Tetapi di lain sisi layanan ini mempunyai keserupaan dengan Dedicated Server / Hosting, di mana kamu mempunyai Mekanisme Operasi dan resource sendiri, dan hak akses sampai ke root server bahkan juga kamu mempunyai kuasa untuk merestart VPS kamu sendiri. Selainnya resource sendiri pemakai layanan ini memperoleh IP Addres, Port Number, Rounting Rules dan Tables Filtering sendiri.

Baca Juga :   Apa itu Hosting : Manfaat, Kelebihan dan kekuranganya

JENIS – JENIS VPS HOSTING

VPS Hosting terdiri jadi dua jenis yang didasari cara penataan dan pengurusanya, apa saja itu ?

Managed VPS Hosting

Managed VPS Hosting adalah layanan hosting disiapkan komplet dengan team professional yang akan mengurusi seluruh keperluan dan pengendalian dalam server kamu. Team itu akan mengawasi server kamu sepanjang 24 jam, dan lakukan backup periodik, mengupdate mekanisme operasi dan aplikasi sampai mengurus kemaanan servernya.

Baca Juga :   Shared Hosting : Pengertian, kelebihan dan kekuranganya

Unmanaged VPS Hosting

Berlainan dengan Managed VPS Hosting penyedia layanan itu telah memberi sebuah team yang akan mengurusi seluruh kepentingan server kamu, Unmanaged VPS Hosting mengahruskan kamu pelanggan layanan ini itu untuk mengeola servernya sendiri.

Penyedia layanan VPS cuman akan sediakan jaringan jaringan dan server fisik saja.

Sesudah kamu memahami apa itu VPS dan jenis – jenisnya, karena itu dari itu kami akan beri beberapa kelebihan dan kekurangan dari VPS Hosting.

Baca Juga :   Wordpress Hosting : Pengertian, Kelebihan dan Kekuranganya

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN VPS HOSTING

1. Kelebihan VPS Hosting

Resource Lebih Baik

Dengan memakai layanan VPS resource berbentuk RAM, CPU dan Bandwidth akan kamu pakai sepenuhanya sendiri, hingga perform situs kamu akan jadi lebih baik lagi.

Perform Lebih Baik

Karena resource dipakai sendiri jadikan perform server jadi lebih baik lagi dan tingkat terjadinya kemungkinan downtime, jatuh atau overload lebih kecil karena tidak dipengaruhi dengan pemakai yang lain.

Baca Juga :   Private Cloud : Kelebihan Kekurangan dan Cara Kerjanya

Skalabilitas Baik

Dengan seiring waktu berjalan, karena itu perusahaan kamu dapat berkembangan jadi lebih besar searah dengan rasio resource yang diperlukan oleh website kamu.

Dengan memakai VPS kamu bisa dengan tingkatkan rasio CPU, RAM, bandwidth, dan resource yang yang lain untuk menyeimbangi perkemabgan website kamu.

Keamanan dan Privacy Lebik Baik

Kamu bisa simpan beragam file ke database tertentu bila memakai VPS. Pemakai VPS yang lain juga tidak bisa terhubung database kamu.

Selainnya itu VPS memiliki mekanisme backup yang sangat baik, hingga bila terjadi kesalaha atau masalah database kamu akan aman dan bisa dipulihkan degan cepat.

Baca Juga :   Public Cloud : Pengertian, Kelebihan dan Kekuranganya

Hak Akses dan Kontrol Penuh

Walau ada dalam satu server fisik yang sama dengan pemakai yang lain tetapi kamu masih tetap memilik hak akses penuh ke SSH (Secure Shell Connection) dan root server kamu.

Membuat kamu bisa melakukan modifikasi mekanisme operasi, bermacam file, aplikasi, sampai keamanan dengan sangat bebas.

2. Kekurangan VPS Hosting

Selainnya kelebihdan dan kemudaha yang ditawari oleh layanan ini, rupanya ada dua yang dapat di ucapkan sebagai kekurangannya. Berikut kekurangan dari VPS Hosting yakni :

Harga yang cukup Mahal

Meskipun mempunyai ide yang sama dengan Shared Hosting yakni share satu server dengan pemakai yang lain tapi VPS tambah mahal karenanya tehnologi virtualisasinya memungkinkannya kamu seperti memilii server sendiri dengan hak akses dan kontrol penuh pada server.

Baca Juga :   Cara Mengetahui Name Server Hosting

Dan fleksibelitas mengenai resource yang dipakai dan tidak memengaruhi pemakai yang lain.

Harus Mempunyai Kemampuan

Karena kebebasan dan kontrol penuh untuk pemakai VPS, karena itu pemakainya di menuntut untuk memahai dan mempunyai pengetahuian tehnis untuk menjalankan server secara baik.

Apa lagi server adalah sisi penting yang akan memengaruhi kinjera semua situs dan aplikasi kamu. Satu saja kekeliruan saat proses konfiguarsi maka berkaibat fatal.

Karena itu dari itu bila kamu tidak mempunyai kekuatan itu seharusnya kamu membuat atau sewa team professional untuk mengurus server kamu.

Baca Juga :   Mengenal Apa Itu Hybrid Cloud : Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

JADI KAPAN KALIAN HARUS MENGGUNAKAN VPS ?

Sesudah kamu ketahui apa itu VPS Hosting dan kelebihan dan kekuranganya. Saat ini waktunya kamu ketahui kapan kamu harus memakai layanan ini.

Memerlukan Banyak Kustom Software

Saat kamu memerlukan banyak kustom software untuk server kamu, karena itu sekarang ini yang pas untuk mengguakan layanan ini. karena resource yang lebih bagus bila dibanding dengan shared hosting memugkinkan kamu meng-install banyak kustom software.

Memerlukan Kemanan dan Privacy Lebih

Bila kamu ingin memperoleh keamanan dan privacy pada data – data kamu apa lagi data yang tersangkut dengan pelanggan kamu karena itu itu adalah saat yang pas memakai VPS. Walau juga satu server fisik tetapi pemakai yang lain tidak bisa terhubung database kamu membuat keamaan dan privacy lebih terbangun.

Trafik Website Kamu Tinggi

Saat jumlah pengunjung website kamu lebih dari 2000 orang karena itu seharusnya kamu berpindah menggunakn VPS. Karena resource yang kita pakai di layanan ini bisa kamu samakan dengan keperluan kamu.

Up-grade Resource Ke yang Lebih Tinggi

Saat kamu ingin menggupgrade resource kamu, dikarena kan kamu berasa resource yang kamu pakai sekarang ini tidak mendukung website atau aplikasi kamu. Karena itu dari itu kamu perlu memakai VPS karena layanan ini memungkinkannya kamu mengupdgrade resource yang ada.

Baca Juga :   Inilah Rekomendasi Hosting Bagus Stabil Handal Saat Ini!

KESIMPULAN

Bila kamu ingin membuat suatu situs atau aplikasi berbasiskan web baru dan perlu hosting, kamu bisa memakai layanan Vps Hosting (Virtual Private Server) dan menimbangya seperti yang telah kami terangkan di atas.

Tentang administrator

Check Also

Membuat Server Hosting Sendiri dengan Speedy dan Mikrotik

Membuat Server Hosting Sendiri dengan Speedy dan Mikrotik : Mudah Banget!

Membuat Server Hosting Sendiri dengan Speedy dan Mikrotik – Di bawah ini Gue berbagi sedikit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *